Cari Blog Ini

Jumaat, 1 Januari 2016

Dinas Kesehatan Lombok Timur dalam Angka (1)


Hari itu Kepala Seksi Promkes, Hazrin SKM, mendapat informasi pertama, karena pihaknya menjadi korban keterlambatan dengan alasan pergi mengantarkan warga tersebut langsung ke Kantor Satlantas Polres Lombok Timur.

Warga itu mengira bahwa Kantor Dinas Kesehatan adalah tempat membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Pengalaman itu membuktikan luas dan padatnya penduduk Lombok Timur membutuhkan informasi terutama Informasi Pelayanan Publik. Semoga Informasi singkat terkait Dinas Kesehatan Lombok Timur di Tabloid ini bisa bermanfaat.
 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang organisasi perangkat daerah, lebih khusus berdasarkan peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 24 tahun 2008 tentang tugas pokok dan fungsi menjelaskan tugas Dinas Kesehatan adalah melaksanakan urusan, menyusun rencana strategis, merumus kebijakan, melaksanakan, membina, mengevaluasi, dan melaporkan kegiatan terkait Kesehatan.

Dinas kesehatan juga bertugas untuk melakukan pembinaan terhadap unit pelaksana tekhnis dinas, melaksanakan penatausahaan Dinas Kesehatan serta melaksanakan tugas lain yang diberikan Bupati sesuai tugas dan fungsi.

Berdasarkan struktur organisasi yang sudah ditetapkan melalui peraturan terkait, pada Dinas Kesehatan terdiri dari Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kelompok Jabatan Fungsional, Kepala Sub Bagian (Kasubag) yang terdiri dari 3 bagian yaitu Kasubag Program dan Pelaporan, Kasubag Keuangan dan Kasubag Umum dan Kepegawaian.

Sedangkan Bidang di Dinas Kesehatan Lombok Timur berjumlah 4 bidang yaitu Bidang Promkes dan PSDM, Bidang Pelayanan Kesehatan, Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) dan Bidang Kesehatan Keluarga (Kesga) dengan masing-masing Bidang terdiri dari 3 seksi.

Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Timur berada di jalan Ahmad Yani Nomor 100, Sandubaya – Selong. yang menaungi 957 Pegawai Negeri Sipil (PNS), 161 Pegawai Tidak Tetap Kemenkes RI dan ratusan pegawai kontrak  ini dipimpin oleh drg.H.Asrul Sani,M.Kes dengan Sekretaris Dikes Lotim adalah drg I Made Pradnya Adiputra (2016).

 Sedangkan untuk Kasubag Program dan kepegawaian ; Anggraini SKM, Kasubag Keuangan ; Meri Herlina,SE. Kasubag Umum dan Kepegawaian ; L.Malawirawan,SKM. Lengkapnya terkait pejabat di Dinas Kesehatan Lombok Timur, tugas, bidang dan seksi-seksi masing bisa dilihat melalui struktur organisasi yang terpampang jelas di tembok resepsionis Dinas Kesehatan Lombok Timur.

Secara merata, penyebaran tenaga atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Kesehatan Lombok Timur terdiri dari Dokter Umum, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Perawat Gigi, Sanitarian, Apoteker, Asisten Apoteker, Gizi,Epidemolog, Adminkes, Penyuluh Kesehatan, Analis Kesehatan, Non Kesehatan dan Atem atau tenaga elektromedis.

Terkait jumlah masing-masing dari Tenaga Dokter dengan perincian Dokter umum; Laki-Laki 22 dokter dan perempuan 31 dokter. Untuk Dokter Gigi laki-laki berjumlah 7 orang dan perempuan 6 dokter.

Tenaga Perawat PNS di Lombok Timur dari data PER Desember 2015, kalkulasinya adalah Lulusan SPK; Laki-laki 40 orang, Perempuan 27 orang. Lulusan Diploma ; Laki-laki, 50 orang dan perempuan 72 orang. Sedangkan untuk Sarjana Laki-laki 69 orang, dan perempuan 30 perawat. [Bersambung]

Tiada ulasan:

Catat Ulasan